Tips Marketing Travel Online

Tips Marketing Travel Online

Pemasaran Travel Online

Seperti halnya bisnis online (online shop) lainnya, bisnis travel online juga membutuhkan strategi marketing yang hampir sama. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis travel online tentu saja membuat sebuah website travel. Kenapa harus membuat website?.

Untuk pertanyaan ini anda bisa menemukan banyak artikel dari para pakar bisnis online. Jika bisnis travel Anda sudah memiliki website, selamat!.
Tapi jangan senang dulu. Sebab memiliki website hanyalah langkah awal. Masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis travel online kita sukses. Sebagai sebuah toko, website kita tidak ada artinya jika tidak ada yang datang berkunjung. Karena tidak ada pengunjung berarti tidak ada pembeli. Tanpa adanya transaksi dan pembeli bisnis akan cepat mati.
Lalu, bagaimana membuat website travel kita ramai dikunjungi?
Seperti halnya toko ofline, binis online juga memebutuhkan promosi. Nah, Promosi membutuhkan strategi. Banyak strategi promosi online yang bisa kita temukan dengan berselancar di internet. Kita hanya perlu memilah-milih mana program dan trik promosi yang sesuai dengan bisnis dan buged yang kita miliki.
Banyak strategi promosi yang saya lakukan untuk bisnis tour and travel yang saya kelola. namun beberapa diantaranya tidak jauh berbeda dengan yang disarankan oleh para konsultan marketing online.
Membuat Konten Berkualitas
Konten adalah raja. Begitulah kata para pakar marketing online. Pendapat ini memang benar adanya. Sebaik apapun design dan struktur website yang kita miliki jika tidak didukung oleh konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung bisa dipastikan toko kita akan sepi dan mudah ditinggalkan pengunjung. Jika tak punya waktu dan tidak ingin pusing untuk membuat konten berkualitas, kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Jasa update website, jasa penulisan artikel bertebaran di internet.
Setelah website kita memiliki konten berkualitas, maka langkah promosi online selanjutnya akan lebih mudah. Berikut adalah bebrapa strategi promosi online yang biasanya saya terapkan untuk travel online saya;
1. Update website secara rutin dengan konten yang bermanfaat untuk pengunjung. Artikel bisa berupa tips atau informasi singkat yang diselipkan dengan materi promosi.
2. Melakukan optimasi SEO. Strategi SEO bisa kita lakukan seniri, atau jika punya budged kita bisa merekrut karyawan baru untuk melakukan pekerjaan ini. Bisa juga mempercayakan program ini pada pihak ketiga.
3. Iklan Online. Kita bisa beriklan di google addword, yahoo dan media website lain yang berhubungan dengan bisnis kita. Jika kesulitan kita bisa menggunakan jasa pihak lain.
4. Promosi rutin pada jaringan sosial media yang kita miliki mulai dari facebook, twitter, Gooogle plus dan masih banyak lagi.
Itulah strategi promosi bisnis travel online yang sering lakukan. Sebetulnya masih banyak yang lain dan mungkin akan lebih panjang lagi bila dijabarkan lebih rinci. Seperti tips email marketing, dan lain-lain. Semoga bermanfaat.