Manfaat Website Untuk Personal Branding di Era Modern

Manfaat Website Untuk Personal Branding di Era Modern

Manfaat Website Personal Branding Di Era Modern

Manfaat website untuk personal branding di era modern seperti sekarang sangat banyak. Apalagi, internet telah menjadi kebutuhan yang wajib bagi setiap orang untuk mendapatkan informasi. Personal branding sendiri mempunyai banyak arti, tapi dapat disimpulkan dengan kegiatan, kelakuan serta semua hal yang berhubungan dengan diri sendiri. Aktifitas yang dilakukan seseorang dalam beberapa waktu dapat menimbulkan karakter di mata publik.

Personal branding juga dapat diartikan dengan cara komunikasi untuk menyampaikan keunikan dan kepribadian seseorang. Keahlian, kekuatan, antusias dan passion serta value merupakan elemen-elemen yang bisa dimanfaatkan untuk membuat personal branding. Hal itu sering dijumpai di internet, terutama dalam sebuah situs. Personal branding berpengaruh terhadap kesuksesan karir seseorang, terutama bagi mereka yang ingin direkrut oleh suatu perusahaan.

Contoh sederhana manfaat website untuk personal branding adalah si A rajin menulis review mobil. Apabila ada karyawan yang mencari sales di bidang terkait, si A yang membutuhkan pekerjaan bisa direkrut oleh karyawan tersebut.

Manfaat Website Untuk Personal Branding

Sekarang ini, tidak sedikit karyawan yang bergerak di perusahaan Human Resource Department atau HRD dengan mengandalkan internet dan sosial media sebagai acuan informasi untuk mengetahui data pribadi. Dengan demikian, Anda akan mendapat manfaat website untuk personal branding berikut:

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting, terutama apabila seseorang memiliki sebuah bisnis atau usaha. Sebab, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis menyangkut nama baik Anda. Apabila memiliki personal branding yang baik, pelanggan tidak akan berpikir dua kali untuk diajak bekerja sama. Untuk menumbuhkan kepercayaan ini, Anda membutuhkan karakter. Tapi, karakter bukan satu-satunya hal yang digunakan untuk branding. Dalam membuat personal branding, yang terpenting adalah kejujuran. Dengan kejujuran atas kompetensi yang Anda miliki maka dengan demikian kemampuan Anda akan semakin dihargai.

Knowing Expertise

Dengan manfaat website untuk personal branding, orang akan memiliki persepsi tentang diri Anda sebagai ahli di bidang tertentu. Untuk menciptakan personal branding pada bagian ini, seseorang harus mengembangkan knowledge, skill dan achievement. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa seseorang bahkan sebuah perusahaan besarpun akan mengakui kompetensi Anda dengan anda mencamtumkan portfolio Anda.

Membuka Banyak Peluang Kerja Sama

Personal branding bermanfaat untuk membuka peluang-peluang kerja sama agar produk atau jasa yang Anda jual lebih dikenal. Business booster ini sebetulnya merupakan dampak dari kepercayaan pelanggan. Tapi, tanpa adanya jaringan, kepercayaan saja tidak cukup untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, website juga bermanfaat menambah jaringan Anda untuk membuka kesempatan dan peluang kerjasama bahkan dapat meningkatkan karir Anda secara signifikan.

Selain itu, manfaat website untuk personal branding lainnya adalah praktis dan efektif, karena seseorang dapat menaruh segala informasi mengenai dirinya dalam sebuah situs pribadi. Dana yang diperlukan untuk membuat website dan membeli domain pun tidak mahal, apalagi bila dampak yang Anda dapatkan sangat besar.

Tips Membuat Website Personal Branding

Berikut ini tips membuat website personal branding yang efektif:

  1. Buat situs pribadi, untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan siapa Anda. Hal-hal yang dapat ditulis dalam situs pribadi adalah CV, hobby, pengalaman serta pengetahuan.
  2. Membuat nama domain yang menarik, agar mencerminkan isi website. Untuk lebih memudahkan, domain bisa dibuat sesuai dengan nama Anda.
  3. Mengikuti komunitas online LinkedIn, yaitu situs sosial yang dimanfaatkan profesional untuk mempromosikan diri serta membagikan pengalaman dan keahlian di bidang pekerjaan. Selain itu, LinkedIn juga dapat digunakan untuk mencari pegawai baru.
  4. Menghubungkan domain dengan aset digital, dengan mengarahkan URL domain menuju aset digital tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu membangun personal branding dari awal.

Memanfaatkan teknologi secara efektif membuat seseorang mampu menarik perhatian lebih banyak perekrut serta membuat personal branding dengan mudah. Personal branding tersebut sangat bagus, terutama untuk membantu karir Anda. Maka dari itu, jangan segan-segan menggunakan website untuk meningkatkan personal branding.


Naik Ke Atas