Daftar Istilah Definisi Pemasaran Online / Marketing Online

Daftar Istilah Definisi Pemasaran Online / Marketing Online

Istilah Pemasaran Online yang Perlu Anda Ketahui

Ketika Anda memulai bisnis baru atau mempelajari dunia pemasaran online untuk pertama kalinya, Anda tidak hanya harus banyak belajar tentang jenis pemasaran online dan praktik terbaik untuk masing-masing, namun Anda akan menemukan ada bahasa baru yang harus anda pelajari. Untuk membantu Anda menavigasi semua bahasa pemasaran online baru yang membingungkan, kami telah menyusun daftar istilah pemasaran online yang ingin Anda ketahui.

Tandai ini untuk penggunaan selanjutnya sehingga Anda memiliki sumber daya berguna di lain waktu bila Anda menemukan istilah pemasaran yang membuat Anda menggaruk-garuk kepala Anda. Berikut adalah istilah dalam sales dan marketing dalam bahasa inggris yang digunakan secara online.

A/B Testing - Praktik untuk melepaskan dua item pemasaran yang serupa dengan segala cara kecuali satu, untuk melihat elemen mana yang berkinerja lebih baik. Ini bisa digunakan untuk email, halaman arahan, call-to-action, dll.

AdWords - Layanan periklanan Google yang menjalankan banyak iklan yang Anda lihat di seluruh web, khususnya yang muncul di atas dan di samping hasil penelusuran organik.

Affiliate marketing - Praktik pemasaran dimana blogger atau influencer lainnya menyertakan tautan ke situs web merek dikonten mereka dan mendapatkan bagian dari hasil bagi pelanggan yang mereka bantu rujuk.

Anchor text - Kata-kata yang digunakan dalam link (yang biasanya Anda lihat biru dan garis bawah pada halaman).

Backlinks - Istilah yang umum digunakan di SEO untuk menggambarkan tautan dari situs web lain yang mengarah ke konten Anda.

Banner ads - Suatu bentuk iklan online di mana iklan visual muncul di suatu tempat di halaman situs web, biasanya berupa gambar dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Ini bisa berada di bagian atas halaman, ke samping, atau disematkan di dalam teks.

Behavioral targeting - Banyak platform periklanan online memungkinkan Anda menargetkan iklan berdasarkan tindakan online yang dilakukan pengguna sebelumnya. Misalnya, jika riwayat penjelajahan seseorang menunjukkan bahwa mereka adalah pelari (atau berharap untuk menjadi satu), pemasar yang menjual sepatu lari dapat menargetkan iklan mereka pada mereka.

Bing - Salah satu dari tiga mesin pencari utama yang digunakan orang.

Black hat SEO - Taktik SEO ditujukan pada dasarnya menipu algoritme mesin telusur menjadi peringkat situs web yang lebih tinggi, seperti isian kata kunci dan spam komentar. Google terus menyempurnakan algoritme mereka untuk menghukum situs yang menggunakan taktik topi hitam.

Bounce rate - Metrik pemasaran yang mengukur persentase pengunjung situs web yang meninggalkan situs Anda tanpa mengunjungi lebih dari laman tempat mereka mendarat.

Buyer persona - Alat pemasaran yang membantu orang membayangkan pemirsa yang mereka targetkan dengan membuat deskripsi tentang orang fiktif yang akan menjadi pelanggan ideal Anda. Sebagian besar perusahaan mengembangkan beberapa persona pembeli untuk membantu memandu pemasaran mereka.

Buyer’s journey - Prospek jalan diambil untuk menjadi pelanggan. Hal ini sering mencakup tindakan awal yang dilakukan ketika seseorang pertama kali belajar tentang perusahaan, suatu periode melakukan penelitian dan berinteraksi dengan situs web perusahaan dan konten untuk dipelajari lebih lanjut, kemudian keputusan untuk membeli.

Blog - Platform pemasaran konten yang umum digunakan untuk menerbitkan konten tertulis yang sering memberi nilai kepada pengunjung dengan harapan dapat meningkatkan SEO, mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan, dan mendapatkan pelanggannemail baru dan pelanggan.

Case study - Kumpulan konten tertulis yang menggambarkan kisah sukses pelanggan masa lalu atau saat ini untuk meyakinkan prospek baru agar mempertimbangkan untuk berbisnis dengan Anda.

CMS (Content Management System) - Jenis perangkat lunak pemasaran yang mempermudah perusahaan melakukan pemasaran konten untuk membuat, mengedit, mengatur, dan menjadwalkan potongan konten.

Content creation - Tindakan untuk menciptakan jenis konten yang digunakan dalam pemasaran konten.

Content distribution - Penggunaan taktik bisnis untuk menyebarkan konten mereka di web sehingga orang baru di target pemirsa mereka akan menemukannya.

Content marketing - Bentuk pemasaran online berdasarkan praktik menciptakan konten berharga dan relevan yang membantu merek menarik prospek baru dan membangun hubungan dengan pelanggan dan orang-orang di khalayak sasaran mereka.

Content promotion - Taktik yang digunakan untuk mempromosikan konten yang telah Anda buat untuk memastikan orang-orang di audiens target Anda melihatnya.

Content strategy - Strategi yang memandu upaya pemasaran konten Anda. Mengembangkan strategi konten memainkan peran kunci dalam melakukan pemasaran konten dengan baik.

Contextual advertising - Bentuk iklan bertarget di mana iklan ditampilkan berhubungan langsung dengan apa yang sedang dilakukan atau dilihat seseorang pada saat itu. Misalnya, seseorang yang membaca artikel tentang tips berkebun bisa melihat iklan untuk pupuk di sampingnya.

Cookie - Alat online yang digunakan untuk melacak perilaku pengguna. Saat Anda mengunjungi situs web, cookie situs akan mencatat kunjungan Anda dan mengirim pesan ke server web Anda. Rekaman aktivitas web Anda inilah yang membantu pemasaran bertarget bahan bakar.

CTA (Call to Action) - Untuk setiap bagian pemasaran yang Anda buat, ada tindakan yang Anda harapkan dari audiens Anda. Ajakan bertindak adalah tempat Anda mengungkapkannya dan mendorong pengunjung Anda menuju apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya (klik di sini, daftar ke daftar email Anda, dsb.).

CTR (Click-Through Rate) - CTR adalah metrik pemasaran yang mengukur persentase orang yang melihat tautan yang memilih untuk mengekliknya.

Conversion optimization - Taktik pemasaran online yang dirancang untuk meningkatkan rasio konversi Anda.

Conversion rate - Persentase pengunjung yang melakukan tindakan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, untuk promosi email, sebuah konversi bisa mengklik link di email untuk menuju halaman arahan situs web.

CPA (Cost Per Acquisition) - Salah satu metode penagihan yang umum dilakukan di pemasaran online. Untuk setiap saluran yang mengenakan biaya berdasarkan CPA, Anda akan membayar tarif yang ditetapkan saat rujukan mereka menghasilkan penjualan.

CPC (Cost Per Click) - Metode penagihan lainnya dalam pemasaran online yang sangat umum dilakukan dalam iklan penelusuran. Berdasarkan model ini, Anda hanya membayar bila seseorang mengklik iklan.

CPM (Cost Per Impression) - Model penagihan ketiga untuk pemasaran online, BPS adalah saat Anda membayar setiap kali iklandilihat oleh sejumlah orang tertentu.

CRM (Customer Relationship Management) - Pendekatan untuk melacak, menganalisa, dan mengelola semua aspek hubungan pelanggan dengan perusahaan dari interaksi pertama mereka melalui waktu mereka sebagai pelanggan. Terkadang akronim yang sama digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak yang membantu memungkinkan manajemen hubungan pelanggan.

Domain authority - Ukuran seberapa dihormati sebuah situs web sesuai dengan algoritma mesin pencari yang berperan dalam kemungkinan untuk tampil tinggi dalam peringkat mesin pencari.

Earned media - Pemasaran yang berfokus pada upaya promosi yang tidak dibayar, seperti pos tamu atau kata pelanggan dari mulut ke mulut. Media yang diperoleh sering dibicarakan dibandingkan media yang dimiliki dan berbayar.

Ebook - Sebuah potongan konten yang ditulis dalam bentuk panjang. Ebooks sering digunakan sebagai konten terjaga keamanannya untuk mengumpulkan informasi baru tentang prospek.

Email marketing - Semua pemasaran disampaikan melalui email. Ini mencakup email promosi, email yang mempromosikan konten, dan email meneteskan promosi untuk prospek dan pelanggan baru.

Engagement - Istilah yang sering digunakan dalam pemasaran online yang menggambarkan prospek interaksi dengan merek.

External link - Tautan di situs web lain yang mengarah ke konten Anda.

Facebook - Jaringan media sosial terbesar dan oleh karena itu salah satu yang berpotensi memberi merek banyak kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan audiens mereka.

Gated content - Konten bernilai tinggi yang Anda masukkan ke balik formulir web sehingga orang harus memberi Anda informasi (biasanya hal-hal seperti alamat email, judul jabatan, dsb.) Untuk mengaksesnya.

Google - Yang terbesar dan paling penting dari mesin pencari. Sementara SEO termasuk mengoptimalkan Bing dan Yahoo juga, sebagian besar fokusnya mengarah ke Google.

Google Analytics - Alat yang disediakan Google untuk melacak dan mengukur keberhasilan situs melalui berbagai analisis bermanfaat.

Guest Post - Pos yang diposkan merek telah dipublikasikan di blog pihak ketiga sebagai cara untuk mempromosikan merek, menjangkau pemirsa baru, dan mendapatkan tautan eksternal.

Hashtag - Dipopulerkan oleh Twitter, hashtag adalah kata atau frasa yang didahului oleh tanda pound (#) yang dapat membantu orang mengikuti topik tren di situs web.

Inbound marketing - Strategi pemasaran berdasarkan gagasan untuk menarik orang ke merek Anda daripada mendorong iklan pada mereka.

Influencer marketing - Taktik pemasaran yang melibatkan bekerja dengan tokoh populer di industri atau ruang untuk menjangkau lebih banyak pengikut. Misalnya, bisnis yang menjual peralatan memasak mungkin bermitra dengan blogger makanan yang menciptakan resep yang memerlukan penggunaan persediaan perusahaan.

Infographics - Bentuk visual dari pemasaran konten yang mengumpulkan fakta atau data menarik dan menampilkannya secara visual menarik.

Instagram - Platform media sosial yang berkembang dengan fokus visual.

Internal link - Tautan di situs web Anda yang mengarah ke halaman lain di situs Anda.

Internet marketing - Istilah lain untuk pemasaran online.

Interruption marketing - Pemasaran apa pun yang mengganggu apa yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perhatian mereka (misalnya iklan, video putar otomatis yang disematkan di artikel, iklan munculan). Istilah yang digunakan untuk membedakan pemasaran konten dan pemasaran inbound dari periklanan tradisional.

Keyword - Kata dan istilah yang digunakan orang saat mencari sesuatu secara online

Keyword research - Pemasar penelitian melakukan SEO dan PPC untuk menentukan kata kunci yang digunakan audiens target mereka untuk mengetahui mana yang menjadi fokus upaya pemasaran mereka.

Keyword stuffing - Taktik Black hat SEO yang melibatkan pengisian halaman dengan kata kunci target Anda dengan cara yang tidak wajar dengan harapan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat. (Catatan: taktik ini tidak lagi bekerja dan harus dihindari).

Landing page - Halaman sebuah link atau iklan akan mengarahkan pengunjung Anda ke. Laman landas harus relevan dengan iklan atau tautan apa pun yang dikirim pengunjung dan dirancang untuk meningkatkan kemungkinan konversi.

Local SEO - Taktik pengoptimalan mesin telusur yang paling sesuai untuk bisnis dengan fokus lokal (misalnya yang khusus menarik pelanggan di dalam area geografis yang ditetapkan).

Link building - Setiap taktik digunakan untuk mendorong atau membuat tautan di situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Ini adalah bagian penting dari SEO.

Long-tail keyword - Kata kunci yang lebih panjang dan lebih rinci yang kurang kompetitif (dan biasanya lebih murah) untuk menargetkan SEO dan PPC. Misalnya "pengiriman bunga hari ibu di depok" adalah Long-tail keyword, sedangkan "pengiriman bunga" bukan Long-tail keyword.

Marketing analytics - Alat pengumpulan data pemasaran online yang membantu pemasar melacak dan menganalisis hasil usaha mereka.

Marketing automation - Praktik penggunaan teknologi untuk mengotomatisasi beberapa aspek pemasaran, seperti menyiapkan email khusus untuk keluar saat ada prospek mendownload ebook terkait.

Marketing Funnel - Visual yang membantu menggambarkan perjalanan pembeli bersama. Idenya adalah bahwa bagian atas corong (TOFU) adalah tahap kesadaran di mana Anda menarik sejumlah besar prospek, bagian tengah corong (MOFU) adalah tempat Anda merawat dan mengembangkan hubungan lebih jauh dengan banyak prospek tersebut, dan Bagian bawah corong (BOFU) adalah tempat beberapa petunjuk yang tersisa menjelang akhir proses diantar menuju penjualan akhir.

Mobile marketing - Pemasaran apa pun yang muncul secara eksklusif di perangkat seluler atau dioptimalkan untuk dilihat di perangkat seluler. Dengan orang-orang yang semakin menggunakan mobile untuk beragam tugas, termasuk sebagian besar belanja mereka, pemasaran mobile sangat penting bagi pemasar online saat ini.

Natural listing - Istilah lain untuk hasil organik, ini menggambarkan hasil pencarian yang muncul yang belum dibayar.

On-site optimization - Taktik SEO yang dapat Anda lakukan di situs web Anda sendiri, seperti mengisi tag meta dan memasukkan kata kunci target Anda ke teks pada halaman web.

Organic results - Hasil pencarian yang belum dibayar (biasanya ditampilkan di bawah iklan PPC, yang diberi label sebagai iklan).

Outbound links - Tautan di situs web Anda yang mengarah ke situs web lain.

Owned Media - Semua media dipublikasikan di saluran yang Anda miliki, seperti situs web dan blog Anda sendiri dan saluran media sosial Anda. Media yang dimiliki sering dibahas dalam kaitannya dengan media yang diterima dan berbayar.

Paid Media - Pemasaran yang Anda bayar, seperti iklan penelusuran, iklan media sosial, dan bentuk iklan yang lebih tradisional seperti iklan dan baliho.

Paid Search - Istilah lain untuk pemasaran PPC. Setiap iklan yang Anda lakukan di search engine.

Permission Marketing - Pemasaran yang hanya dilihat oleh orang-orang yang telah memilih untuk melihatnya. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan opt-in email marketing.

Personalized Marketing - Pemasaran yang ditargetkan yang menggunakan data perilaku atau demografis untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada orang-orang tertentu. Ini bisa sesederhana termasuk nama seseorang di email, atau serumit mengirim email tentang produk atau topik yang diminati seseorang di situs web Anda.

Pinterest - Situs media sosial berbasis gambar yang dimiliki banyak pemasar.

Pop-up Ads - Setiap iklan yang muncul begitu Anda berada di situs web, kadang-kadang menghalangi teks halaman untuk menarik perhatian pembaca.

PPC (Pay Per Click) - Istilah lain yang biasa digunakan untuk menggambarkan iklan pencarian berbayar, di mana pemasar hanya membayar iklan mereka saat pemirsa mengklik. Periklanan bayar per klik menghasilkan iklan yang Anda lihat di atas dan di samping hasil penelusuran organik, juga di seluruh Jaringan Iklan Google lainnya.

Responsive Ads - Iklan yang menyesuaikan ukuran, bentuk, dan penampilan mereka agar terlihat optimal tidak peduli perangkat apa yang Anda lihat. Ini semakin populer dan penting karena lebih banyak orang menggunakan perangkat mobile untuk browsing internet mereka.

Retargeting - Pilihan untuk menargetkan iklan pada seseorang yang sudah berada di situs Anda untuk meningkatkan peluang mereka untuk kembali. Bila Anda melihat iklan yang tampaknya mengikuti Anda di sekitar web untuk produk yang baru saja Anda lihat, itu adalah penargetan ulang.

Search rankings - Perintah agar situs web muncul di hasil pencarian.

SEM (Search Engine Marketing) - Istilah yang menggambarkan pemasaran yang berfokus pada peningkatan visibilitas di mesin pencari, yaitu PPC, SEO, dan beberapa pemasaran konten.

SEO (Search Engine Optimization) - Taktik pemasaran online yang dirancang untuk meningkatkan ranking sebuah website di search engine. Beberapa komponen utama SEO meliputi penelitian kata kunci, link building, dan optimasi on-site.

SERP (Search Engine Results Page) - Cara yang umum untuk merujuk halaman yang Anda dapatkan di Google atau mesin pencari lainnya setelah Anda melakukan pencarian.

Snapchat - Platform media sosial seluler yang memungkinkan orang mengeposkan foto sesaat, pesan, dan video yang hanya ada sementara sebelum menghilang.

Social Media Analytics - Data yang disediakan oleh platform media sosial utama yang memberikan wawasan tentang bagaimana orang berinteraksi dengan pos media sosial dan iklan Anda.

Social Media Marketing - Pemasaran apa pun yang Anda lakukan yang terjadi di salah satu platform media sosial utama. Yang paling utama yang digunakan kebanyakan bisnis adalah: Facebook, Twitter, Pinterest, Snapchat, Instagram, dan YouTube.

Stickiness - Istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu tentang situs web yang membuat pengunjung lebih lama atau membuat mereka lebih cenderung untuk kembali lagi.

User generated content - Konten apa pun yang digunakan dalam pemasaran Anda yang dikirimkan oleh pelanggan atau pengikut Anda saat ini.

Twitter - Salah satu platform media sosial utama, ditandai dengan sifatnya yang bergerak cepat dan batas 140 karakter.

Video Marketing - Pemasaran apa pun yang Anda lakukan yang melibatkan video, termasuk iklan video, video langsung, 360 video, dan situs web bermerek.

Viral marketing - Pemasaran apa pun yang "berjalan dengan virus", atau menyebar jauh dan luas di internet. Viral marketing biasanya bukan sesuatu yang bisa Anda rencanakan (walaupun orang mencoba).

White hat SEO - Taktik SEO yang sah yang disetujui oleh search engine. Istilah ini sering digunakan bertentangan denganblack hat SEO.

White paper - Sepotong otoritatif dari konten tertulis bentuk panjang yang sering digunakan sebagai konten terjaga keamanannya untuk mendapatkan informasi baru mengenai petunjuk.

Yahoo - Salah satu dari tiga mesin pencari utama yang digunakan orang.

YouTube - Situs media sosial yang banyak digunakan berfokus pada video.

Anda sekarang memiliki definisi untuk sebagian besar istilah yang mungkin perlu Anda ketahui dalam pemasaran online. Sekarang Anda hanya perlu belajar bagaimana menerapkan pengetahuan Anda dengan cara yang terbaik untuk bisnis Anda. SuhuWeb selaku jasa pembuatan website profesional di indonesia dapat membantu Anda dalam memahami istilah pemasaran online dan mengesekusinya.