3 Tips Untuk Membuat Website Lebih User Friendly

3 Tips Untuk Membuat Website Lebih User Friendly

Tips Membuat Website User Friendly

Penyedia jasa desain web tentunya menyadari bahwa sebuah situs web yang baik adalah hasil penggabungan dari beberapa elemen penting, meliputi desain, konten, navigasi dan fungsionalitas. Hal-hal ini harus di ingat saat membuat  dan menjalankan website bisnis, yang merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam kehidupan perusahaan. Oleh karena itu, website bisnis harus intuitif, tidak terlalu rumit dan menarik. Menjaga website Anda user-friendly akan sangat meningkatkan kinerjanya, menarik lebih banyak prospek dan meningkatkan penjualan untuk bisnis.

Dengan menjadi bagian dari era digital yang maju dengan cepat, kita semua menyadari bahwa membuat website profesional tidak lagi menjadi masalah untuk diabaikan. Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana kita sebagai jasa desain web membuat website kita populer dan user-friendly ? Apa prinsip-prinsip dasar yang harus diikuti ?

Gunakanlah tips yang berguna ini untuk membuat website yang lebih bermanfaat , responsif, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung Anda:

1. Konten yang ringkas dan mudah dibaca

Konten adalah faktor yang paling penting untuk meyakinkan pengguna tetap di website Anda. Menyampaikan konten yang segar, mudah dibaca dan interaktif, adalah batu loncatan untuk membuat website Anda lebih user-friendly.

  • Membuat konten yang mudah untuk di scan

pengguna internet rata-rata hanya melihat konten sekilas, bukannya membaca semuanya. Jagalah agar paragraf tetap minimal panjangnya. Membuat format teks dalam kolom yang sama dengan gaya surat kabar adalah cara yang baik untuk membuat teks lebih mudah untuk dipindai. Penggunaan yang benar dari judul, sub-judul, paragraf, bullets atau list akan membantu untuk memecah teks, sehingga mudah bagi pembaca untuk menuju bagian-bagian kunci dari halaman dan cepat menemukan apa yang mereka butuhkan. Menambahkan konten dengan gambar juga membantu pengunjung mencerna lebih cepat. Teks yang panjang dan tak terputus cenderung untuk tidak dibaca daripada potongan kecil teks.

  • kontras skema warna

Menemukan kontras yang tepat antara latar belakang situs Anda dan konten adalah salah satu dasar, namun tugas yang paling penting untuk dilakukan oleh penyedia jasa desain web. Kurangnya kontras, membuat rumit pembacaan konten. Pastikan bahwa Anda mengambil skema warna terbaik sehingga konten tetap sangat terlihat. Berikan perhatian khusus pada warna pada latar belakang hitam karena mereka dapat mempersulit pembacaan teks juga.

  • White space selalu merupakan ide yang baik

White space sangat membantu untuk menekankan elemen dan membuat mereka lebih menonjol.

  • Font yang mudah dibaca

Meskipun gaya yang rumit bisa menjadi lebih menarik, menggunakan font yang lebih dikenal dan mudah dibaca adalah keputusan yang lebih baik. Perlu diingat bahwa San serif font yang paling banyak diterima untuk desain online, dan font serif paling tepat untuk desain cetak. Juga menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam desain yang sama akan membuat konten yang kurang scannable. Menggarisbawahi dan menebalkan kata kunci atau link untuk membuat mereka menonjol.

  • Hilangkan broken links

Link yang rusak akan membingungkan dan tidak profesional. Mereka membawa kesan negatif dan menurunkan kredibilitas konten. Pastikan Anda menguji setiap link, tombol dan halaman sebelum meluncurkan situs.

2. Meningkatkan Navigasi

Navigasi yang efektif berarti menu yang disederhanakan. Memiliki navigasi yang jelas dan bebas kekacauan adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai penyedia jasa desain web untuk membuat website Anda ramah bagi pengunjung Anda. Cobalah untuk membatasi jumlah item menu sejauh mungkin. Tidak membuat kerumitan yang berlebih, dan mengkonfigurasi navigasi tetap sama pada setiap halaman akan sangat memudahkan browsing situs.

  • Bersihkan tata letak Anda terlebih dahulu

Layout yang membingungkan adalah salah satu alasan utama mengapa sebuah situs web kehilangan pelanggan. Pastikan navigasi Anda sederhana dan jelas. Anda dapat menonjolkan halaman "Hubungi Kami" atau "Tentang Kami"  untuk membuat mereka lebih terlihat. Jika Anda perlu menggunakan beberapa lapisan untuk kategori terpisah, lakukanlah  hanya untuk mencoba menjaga mereka agar bersih dan terorganisir sehingga pengguna merasa lebih mudah untuk navigasi.

  • Tempat yang strategis 

Untuk memungkinkan pengunjung Anda dengan mudah melihat pilihan mereka untuk menavigasi melalui situs Anda, tempat terbaik untuk menemukan navigasi adalah di sisi atas atau kiri dari situs Anda.

  • Trik site map

Site map merupakan aset besar tidak hanya dalam hal mesin pencari, tetapi juga untuk membantu pengguna menemukan halaman tertentu. Memberi mereka orientasi yang lebih baik dalam konten, membuat website Anda ramah di mata pengunjung.

  • Search bar adalah langkah yang tepat

Menambahkan fungsi pencarian ke situs web Anda adalah cara cerdas untuk membantu pengunjung dalam menangani informasi yang mereka cari. Ini akan membantu Anda tidak hanya mengatasi quires pencarian dan melacak pencarian di situs Anda, tetapi juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa yang membuat pengunjung paling tertarik.

  • Hindari singkatan dan akronim

Hindari singkatan aneh pada judul navigasi di menu, kecuali maknanya jelas. Anda berisiko membingungkan pelanggan dan merusak pengalaman mereka di web Anda jika menggunakan singkatan yang tidak jelas. Menerapkan kata-kata umum seperti "home, about, contact usi", dan lainnya, membantu pengguna dengan mudah masuk ke dalam isi dari setiap halaman.

3. Speed ​​Up Situs Anda

Manajemen waktu adalah hal yang penting. Pastikan bahwa waktu load website Anda dalam waktu 4 sampai 6 detik. Kecepatan yang tepat adalah fitur yang benar-benar penting dan juga salah satu alasan utama mengapa pengunjung akan berhenti mengunjungi situs Anda. Belum lagi fakta bahwa itu sangat mempengaruhi peringkat pada mesin pencari juga.

  • Batasi / hindari video dengan ukuran besar, foto, flash dan file lainnya

Tergoda untuk membuat website lebih menarik dengan menambahkan multimedia lainnya, kita mungkin mengabaikan fakta bahwa halaman menjadi berat dan lambat untuk memuat. Ingatlah hal ini sebelum mengintegrasikan file audio / video lain.

  • Kompres untuk meminimalkan waktu buka

Untuk mempercepat website Anda, hal yang baik untuk dilakukan adalah untuk kompres gambar dengan menggunakan jenis file yang tepat.


Naik Ke Atas